5.20.2011

Proses Pembuatan Tahu

Proses Pembuatan Tahu

Ø Kedelai dipilih dengan penampik untuk memilih biji kedelai besar. Kemudian dicuci serta direndam dalam air yang ditempatkan dalam wadah besar selama 6 jam.

Ø Setelah direndam dicuci kembali selama setengah jam.

Ø Setelah dicuci bersih kedelai dibagi-bagi diletakkan dalam cetakan yang terbuat dari bamboo atau plastic.

Ø Selanjutnya kedelai digiling sampai halus, dan butir kedelai mengalir dengan sendirinya dalam ember penampung.

Ø Setelah digiling langsung direbus selama 15-20 menit mempergunakan wajan dengan ukuran yang besar, sebaiknya jarak dan waktu antara selesai digiling dan dimasak jangan lebih dari 5-10 menit supaya kualitas tahu lebih baik.

Ø Setelah dimasak bubur kedelai diangkat dari wajan ke tong untuk disaring menggunakan kain belacu atau mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambo. Agar bubur dapat disaring sekuat-kuatnya diletakkan sebuah papan kayu pada kain itu lalu ada satu orang naik diatasnya dan menggoyang-goyang, supaya terperas air yang masih ada pada bubur kedelai. Limbah dari penyaring dari ampas tahu. Kalau perlu ampas tahu diperas lagi dengan menyiram air panas sampai tidak mengandung sari lagi. Pekerjaan penyaring dilakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.

Ø Air sampingan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih adalah bahan yang akan menjadi tahu. Air saringan dicampur dengan asam cuka untuk mengumpalkan. Sebagai tambahan asam cuka dapat juga air kelapa atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah mengumpal) yang telah dieramkan maupun bubuk batu tahu (sulfat kapur).

Ø Gumpalan putih yang mulai mengendap itulah nanti sesudah dicetak menjadi tahu. Air asam yang masih ada dipisahkan dari gumpalan tahu dan disimpan. Sebab air asam cuka masih dapat digunakan lagi. Endapan tahu dituangkan dalam kotak ukuran misalnya, 50x60 cm2 dan sebagai alasnya dihamparkan kain belacu. Adonan tahu kotak dikempal sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. Pengempalan dilakukan sekitar 1 menit, adonan tahu terbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong misalnya ukuran 6x4 cm2, sebelum menjadi tahu yang siap dijual.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa comentnya bro,,,,