10.29.2009

LAPORAN UJK (Uji kompetensi )ELSE ARLIA YOHANA



LAPORAN UJK (Uji kompetensi )




Oleh :

Nama : ELSE ARLIA YOHANA
No. Abs : 11
KELAS : 3A1


SMK NEGERI 2 PONOROGO
Jln. Laks. Yos Sudarso 21A
Ponorogo
Tahun Ajaran 2008 / 2009

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas Kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah – Nya kepada kami semua sehingga pada hari ini kami dapat menyelesaikan salah satu tugas di sekolah yaitu pembuatan proposal ketata bogaan di bidang keahlian Service dengan sukses dan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.
Adapun isi daripada pembuatan proposal ini tak lain ruang lingkupnya menyangkut tata boga, tetapilebih menonjol pada keahlian service seperti, perencanaan menu restoran, merangkai bunga, dll. Dan tak luput proposal ini mempunyai peranan penting dalam menunjang keberhasilan dalam Uji Kompetensi yang akan di adakan nanti , salah satunya sebagai arahan atau bukti otentik.
Untuk itu dengan terselesaikannya proposal ini tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak – pihak tertentu yang telah membantu demi terlaksananya keberhasilan semua ini terutama kepada :
1. Drs Udi Tyas Arianto selaku Kepala Sekolah SMKN 2 PO
2. Ibu Umi Pujihariati selaku ketua bidang keahlian tata boga SMKN 2 PO
3. Ibu Farida Hanim Handayani selaku guru pembimbing produktif bidang keahlian servise
4. Ibu Yuna Fauziah selaku guru pembimbing Normatif/Adaptif
5. Semua pihak yang telah membantu proses serta penyelesaian dari pembuatan proposal ini
Demikian tentang apa yang telah kami sampaikan , semoga proposal ini dapat membawa manfaat dan keberhasilan bagi semua pihak yang bersangkutan terkhusus siswa jurusan Tata Boga dan demi terciptanya kelancaran yang sempurna kami mohon atas kritik dan sarannya.



Mengetahui
Guru pembimbing


Ibu Yuna Fauziah Ponorogo, 11 April 2009
Penulis



ELSE ARLIA YOHANA
LATAR BELAKANG

Dunia usaha boga semakin diminati oleh masyarakat para ahli boga berusaha untuk mengembangkan dan menyebar luaskan mutu dan tujuan memberikan pelayanan tata cara penghidangan makanan dan minuman yang terbaik bagi tamu atau pelanggan.
Seiring dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini para ahli boga khususnya di bidang pelayanan (servise) memperdalam ilmunya untuk lebih bisa mengutamakan kualitas serta kuantitas dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman , khususnya di restoran.
Di berbagai Negara di dunia dimana teknik penyajian atau penghidangan makanan dan minuman dianggap sebagai salah satu seni kehidupan profesi penyaji memegang peranan yang sangat penting.
Seiring dan meningkatnya tuntutan tamu dan kualitas pelayanan dalam penyajian makan dan minuman ,tuntutan terhadap kualitas pengerjaannya pun oleh para pelaku yang berprofesi sebagai penyaji / lebih dikenal dengan nama waiter / waitres juga meningkat
Pelayanan yang baik tidak hanya dengan dimilikinya bekal pendidikan yang memadai, tetapi juga pengetahuan yang baik mengenai interaksi dengan manusia lain yaitu keramahan, kejujuran, penampilan, pengetahuan dalam berbahasa serta satu hal yang teramat penting yaitu kemampuan berkomunikasi dengan tamu
Dalam mencapai keberhasilan pada setiap penyajian , tiga tahapan pengerjaan yang harus di perhatikan oleh seorang pramusaji yaitu :
 Persiapan ( Mise and place ) persiapan yang baik akan membawa hasil penyajian yang baik pula .
 Pelayanan terhadap tamu adalah kepuasan seorang tamu yang besar, dalam hal penyajian yaitu apabila seorang mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan yang sesuai dengan apa yang di harapkannya dari seorang pramusaji dengan demikian pramusaji harus senatiasa berkonsentrasi dalam pelayanan kepada setiap tamu.
 Penjualan pelayanan yang memuaskan terhadap tamu merupakan sarana penjualan makanan dan minuman yang di tawarkan yang secara langsung akan meningkatkan pendapatan atas penjualan.
 Dengan demikian pengetahuan yang baik mengenai penjualan juga merupakan hal yang penting untuk profesi pramusaji .
Adapun hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penampilan seorang waiter / waitres meliputi:
 Kebersihan tubuh
 Tata busana / tata rias / make up
 Personal Approach terhadap tamu ,aturan dan dengan rekan kerja
Adapun materi yang akan di ujikan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa yaitu :
 Napkin folding
 Floral arrangement
 Table laying & set up
 Polishing
 Service / pelayanan
Dalam suatu hotel tidak hanya menyediakan makanan saja tetapi, juga berbagai jenis minuman
Yang dihidangkan sebagai dessert / hidangan penutup. Sekarang ini banyak hotel, restaurant atau bahkan cafe – cafe yang menyediakan minuman campuran yang lebih dikenal dengan nama “Mocktail”, minuman ini terbuat dari berbagai bahan dan merupakan jenis minuman non alcohol, jenis minuman ini cara pembuatannya ada beberapa metode yaitu :
 Shaking : mengocok
 Blanding : mencampur
 Layering : mencampur
 Building : membangun
 Stirring : mengaduk
Untuk menciptakan tenaga kerja yang terdidik, terlatih dan professional maka siswa kelas III tata boga SMKN 2 Ponorogo menyelenggarakan uji kompetensi sebagai tugas akhir guna memenuhi syarat kelulusan dan juga sebagai pengukur seberapa kemampuan siswa didiknyadan mengadakan uji kompetensi ,maka akan menciptakan seorang waitres yang sangat bermutu mempunyai kemampuan untuk bersaing dalam segala hal terutama dalam bidang industri perhotelan dan pariwisata. Dengan demikian siswa kelas III SMKN 2 Ponorogo dapat bekerja di hotel setelah lulus nanti .

Table set-up perencanaan pemasangan meja makan perencanaan flower Arrangement.

Hari II : persiapan dan penataan meja makan < clothing and skirting table >
Hari III :
 napkin folding
 polishing
 floral arrangement
Hari IV :
 table laying
 table set-up
 pelayanan di restoran
 berkemas

c. penilaian :

Dalam proses pelaksanaan UJK dari tahun ke tahun selalu sama, serta pada system penilaiannya pun juga sama. Dan adapun penilaian tersebut di lakukan oleh guru pembimbing produktif dan dudi dari luar yaitu Bpk koeswandi selaku FB manager dari hotel Inna Simpang Surabaya, secara langsung. Untuk pengambilan nilai skirting, polishing, napkin folding, table laying, table set-up dan pelayanan di laksanakan di ruang aula, sedangkan untuk floral arrangement berada di ruang tata hidang.
Uaraian / pembahasan :
 Pengertian dari UJK ( uji kompetensi ) : suatu proses pelaksanaan ujian kejuruan yang dilaksanakan guna untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan.
Tujuan
 mengenalkan tata cara penghidangan dan melayani tamu
 mengenalkan cara makan yang benar dari appetizer sampai dessert
 menjadikan restoran menjadi tempat tamu beristirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman.
 Mengenalkan table manner pada masyarakat.


Fungsi diadakannya uji kompetensi :
Untuk siswa
 Lebih terampil di bidang service
 Siswa dapat berwira swasta
 Siswa setelah lulus dapat bekerja di rumah makan / hotel
Untuk guru
 Mengetahui ketrampilan kelas 3 tata boga
 Guru mempersahkan kelas 3 tata boga , uji kompetensinya lebih memuaskan
Untuk sekolah
 Sekolah mempertanggungjawabkan pelaksanaan uji kompetensi secara internasional, kepada masyarakat dan dunia industri.
 Mempromosikan siswa tata boga kepada masyarakat tentang service.

KEUNGGULAN PRODUK / JASA
 Napkin Folding
 Membantu tamu setelah makan untuk membersihkan tangan maupun bibir
 Membuat macam – macam bentuk napkin sedemikian rupa sehingga menambah table set up menjadi lebih menarik dan semakin menambah selera makan .
 Skirting
 Meja makan akan lebih menarik dipandang mata
 Mempercantik penampilan meja makan
 Floral Arrangement
 Supaya bunga tertata rapi lebih indah dan menarik dipandang
 Mempercantik penataan table set up
 Pelayanan / Service
 Memudahkan pelanggan untuk menikmati hidangan
 Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sebagi waitres baik dalam pelayanan maupun menghadap keluhan tamu dengan karakter yang berbeda – beda .


PENUTUP

Demikian kiranya tentang apa yang telah kami sampaikan dari pembuatan laporan UJK ( Uji kompetensi ) yang diadakan pada tahun ajaran 2008 / 2009 ini Semoga dengan penyusunan laporan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan, terutama kepada para pembaca yang sebelumnya belum mengenal dunia ketatabogaan secara detail atau terperinci. Dan kami mohon kritik dan sarannya, karena dalam pembuatan laporan ini masih jauh dari kata kesempurnaan.

Ponorogo, 11 April 2009
Penulis


ELSE ARLIA YOHANA




















KESIMPULAN

Ditinjau dari tujuan dan fungsi dalam pelaksanaan UJK dapat ditarik kesimpulan bahwa di bidang keahlian pariwisata, program keahlian restaurant (servise) secara kusus bertujuan untuk membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
o Mengelola dan menyajikan makanan baik secara oriental maupun continental
o Melayani makanan dan minuman baik restoran, kamar tamu hotel serta menata meja makan dan prasmanan
o Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran
o Berwirausaha sesuai dengan program keahliannya
Sehingga dengan begitu dapat tercetaknya tamatan SMK yang siap terjun di dunia industri, seperti perhotelan dan industri lain yang ada hubungannya dengan dunia pariwisata, serta di harapkan akan lahir tenaga profesional di dalam bidang pariwisata yang berlatar belakang SMK.


0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa comentnya bro,,,,